MENABUNG: TIPS & TRICK


Gunakan apa yang tersisa setelah kamu menabung.

Tidak dapat menabung karena menurutmu penghasilanmu terlalu kecil atau pas-pasan? Atau sebenarnya penghasilanmu cukup tapi menurutmu tidak dapat menabung dengan baik? Kami ada tips & trick untuk membantumu menabung secara konsisten.


  1. Tetapkan Target Biasakan dirimu untuk menetapkan target, seberapa besar uang yang akan kamu tabung ketika kamu menerima penghasilan/gajimu. Berapa banyak yang akan kamu tabung, berapa banyak yang akan kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupmu. Idealnya memang 50% dari penghasilanmu digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, 30% untuk hutang/cicilan, 10% untuk tabungan dan 10% untuk investasi. Tapi tentu kondisi ini tidaklah mutlak. Kamu bisa memulai dari menabung dengan nominal yang kecil terlebih dahulu kemudian dinaikan pelan-pelan, misalnya dari 50 ribu perbulan menjadi 100 ribu perbulan, naikkan lagi menjadi 150 ribu, dst, sesuai dengan kemampuanmu. Dengan penetapan target seperti ini, sangat membantu ketika kamu ada keperluan mendadak tapi kamu masih harus menabung, karena kamu menabung di awal, bukan di akhir.

  2. Disiplin, Menabung Setiap hari Apabila kamu merasa terlalu berat untuk mengeluarkan uang sekaligus perbulannya, kamu bisa mencoba untuk menabung tiap harinya, misalnya mulai menabung 5 ribu setiap hari, tentu nilainya dapat kamu naikkan secara perlahan. Dengan menabung 5 ribu setiap hari, dalam sebulan kamu sudah dapat menabung sebanyak 150 ribu. Tentu lebih berasa berat ketika kamu mengeluarkan uang 150 ribu secara langsung, daripada kamu mengeluarkan 5 ribu setiap hari, betul? Tetapi untuk melakukan ini, kamu harus benar-benar rajin menabung setiap harinya ya. Jangan terlewat!

  3. Mempunyai Beberapa Rekening Untuk Tujuan Berbeda Tips selanjutnya, kamu dapat membuka 2 rekening atau bahkan lebih, dimana fungsi dari masing-masing rekening yang kamu buka ini berbeda satu dengan yang lain. Misalnya, 1 rekening khusus untuk keperluan sehari-hari dan 1 lagi untuk keperluan menabung. Apa pentingnya? Ini untuk menghindari kamu menggunakan uang yang seharusnya kamu tabung.

  4. Hindari Penggunaan Kartu Kredit Sekarang, menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran merupakan hal yang biasa ditemui. Hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit untuk penggunanya, sifat kartu kredit yang cashless dan dapat melakukan pembayaran secara cicilan ini banyak diminati. Tapi ingat, cicilan dan pembayaran yang tertunda, apabila tidak dikelola dengan baik dapat menjadi bumerang bagi dirimu, belum lagi banyaknya promo untuk pengguna kartu kredit yang dapat membuat penggunanya khilaf dalam berbelanja.

  5. Investasi Untuk Masa Depan Sekarang, menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran merupakan hal yang biasa ditemui. Hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit untuk penggunanya, sifat kartu kredit yang cashless dan dapat melakukan pembayaran secara cicilan ini banyak diminati. Tapi ingat, cicilan dan pembayaran yang tertunda, apabila tidak dikelola dengan baik dapat menjadi bumerang bagi dirimu, belum lagi banyaknya promo untuk pengguna kartu kredit yang dapat membuat penggunanya khilaf dalam berbelanja.

  6. Menyimpan Uang Lebih Yang Didapat Ketika kamu mendapatkan uang lebih, misalnya dari bonus/THR, jangan kamu habiskan langsung uangnya, sebaiknya kamu sisihkan sebagian dan kamu tabung/investasikan. Ingat, uang lebih yang kamu dapat, bukanlah sesuatu yang harus kamu habiskan saat itu juga, uang itu dapat kamu gunakan di masa depan ketika kamu membutuhkan sesuatu yang penting atau mendesak.


Gimana, ternyata menabung itu mudah bukan? Dengan menabung kamu jadi satu langkah lebih dekat dengan apa yang kamu impikan. Jadi tunggu apalagi? Yuk jadikan menabung itu sebagai suatu kebiasaan baikmu.


Disadur dari: https://koinworks.com/blog/cara-menjadi-orang-kaya-dengan-gaji-kecil/ https://www.modalrakyat.id/blog/6-tips-menabung-dengan-gaji-kecil-karena-yang-besar-diawalidari-yang-kecil


“DON’T SAVE WHAT IS LEFT AFTER SPENDING, BUT SPEND WHAT IS LEFT AFTER SAVING” – Warren Buffet –
1 view0 comments