PERENCANAAN KEUANGAN: KENAPA PENTING


Muda berencana, tua kaya raya?

Kalimat yang mengingatkan kita untuk melakukan perencanaan keuangan sedini mungkin. Dengan ada perencanaan keuangan yang kita lakukan sedini mungkin, kemungkinan menikmati hasil kerja keras kita di masa tua lebih mungkin terjadi.


Perencanaan keuangan, mungkin bukan hal yang asing untukmu. Secara sederhana, perencanaan keuangan merupakan seni sekaligus prinsip yang perlu diterapkan untuk mengelola keuangan pribadi, rumah tangga, maupun bisnis, agar lebih efektif dan efisien.


Dengan adanya perencaaan keuangan, pengelolaan gaji jadi lebih mudah, dapat membatasi diri agar pengeluaran kita tidak lebih banyak daripada pendapatan.


Keuntungan Perencanaan Keuangan


  1. Identifikasi Kesalahan Alokasi Dana Ketahui seberapa besar dana yang kamu alokasikan untuk kebutuhan sehari-hari, pembayaran hutang/cicilan, tabungan, investasi, dan lainnya. Dengan mengetahuinya, kamu dapat melihat apakah ada kesalahan dalam mengalokasikan dana tersebut. Semakin cepat kamu mendeteksi kesalahan tersebut, dampaknya akan besar di kemudian hari. Karena sekecil apapun kesalahan yang kamu benarkan, dapat membuat cashflow (arus kas) kamu jadi lebih baik.

  2. Tidak Mudah Tertipu Investasi Bodong Dengan maraknya investasi bodong sekarang ini, tentu diperlukan pengetahuan yang dapat membedakan mana yang benar-benar investasi, mana yang bodong. Dengan memahami perencanaan keuangan ini, kita dapat mengetahui, iming-iming keuntungan besar dalam waktu singkat itu, terlalu indah untuk menjadi kenyataan.

  3. Membantumu Membedakan Keinginan dan Kebutuhan Terkadang kita tidak dapat membedakan mana yang kita beli karena kita inginkan, atau mana yang kita butuhkan. Misalnya saja, kamu pergi ke mall, kemudian kamu melihat sepatu yang diskon 80%. Kamu masuk, melihat-lihat, kemudian berakhir pada kamu membelinya, padahal kamu tidak ada rencana untuk membeli sepatu itu sama sekali sebelumnya. Tandanya kamu tidak membutuhkan, tapi timbul keinginan untuk membeli, karena kamu tergiur oleh diskon tersebut. Dengan adanya perencanaan keuangan, kamu tidak tergoda untuk melakukan hal tersebut, kenapa? Karena kamu akan lebih bijaksana dalam menggunakan uangmu. Kamu telah mengetahui porsi-porsi mana yang boleh kamu gunakan. Daripada kamu menggunakannya untuk hal yang tidak kamu butuhkan, kamu akan memilih untuk menggunakan uangmu untuk menabung/investasi/hal penting lainnya.

  4. Memiliki Dana Darurat Tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi di hari esok, apalagi untuk jangka waktu yang panjang. Sedia payung sebelum hujan merupakan istilah yang sangat sesuai untuk hal ini. Dengan adanya perencanaan keuangan yang baik, kamu dapat menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan yang mendesak. Misalnya untuk membiayai pengobatan ketika jatuh sakit, terkena musibah, atau bahkan saat kamu kehilangan sumber pendapatan utamamu.

  5. Mewujudkan Tujuan Hidup Aritkel ini dibuka oleh kalimat, muda berencana, tua kaya raya, yang berarti, keinginan pada masa tua nanti, kita tidak dipusingkan oleh urusan finansial. Tentu sesuatu yang diinginkan semua orang semasa hidupnya bukan? Tujuan hidup orang memang berbeda-beda, tetapi pada umumnya untuk mencapai tujuan hidup itu membutuhkan dana sepanjang perjalanannya. Karena itu, sedini mungkin kita harus melakukan perencanaan keuangan yang matang, dengan penghematan, menabung, maupun investasi, kamu selangkah lebih dekat dengan tujuan hidupmu.


Sekarang kamu sudah mengetahui keuntungan dari perencanaan keuangan. Sudah tidak sabar untuk melakukannya? Good, ada 3 hal yang harus kamu ketahui untuk memulainya, yaitu:

  1. Pahami kondisi keuanganmu seperti aset yang dimiliki, sumber penghasilan, dan barang berharga yang kamu miliki serta potensi nilai jualnya di masa depan.

  2. Mendata target kebutuhan menjadi hal yang penting, kamu harus memisahkan mana yang merupakan kebutuhan, hutang, tabungan, investasi dan keinginan.

  3. Mendata target kebutuhan menjadi hal yang penting, kamu harus memisahkan mana yang merupakan kebutuhan, hutang, tabungan, investasi dan keinginan.


Mendata target kebutuhan menjadi hal yang penting, kamu harus memisahkan mana yang merupakan kebutuhan, hutang, tabungan, investasi dan keinginan.


Disadur dari: https://www.jaringanprima.co.id/id/pentingnya-perencanaan-keuangan https://www.tamasia.co.id/pentingnya-perencanaan-keuangan/ https://www.simulasikredit.com/pentingnya-perencanaan-keuangan-untuk-kehidupan-masa-depan

0 views0 comments