TANDA KARYAWAN BUTUH PELATIHAN SDM


Karyawan adalah aset perusahaan yang tak terkira nilainya. Dari kerja keras mereka, perusahaan bisa maju dan berkembang. Untuk itu, perusahaan wajib memberikan pelatihan SDM kepada karyawannya.

Biasanya, pelatihan SDM ini dilakukan saat penerimaan karyawan baru. Pelatihan berisi tentang tata cara kerja di perusahaan, peningkatan kinerja, dan masih banyak lagi.

Tak hanya di awal, pelatihan SDM pun bisa dilakukan bila karyawan sudah menunjukkan tanda-tanda ini. Sebelum kinerja dan kekompakan karyawan semakin menurun, simak 5 tanda karyawan yang butuh pelatihan SDM berikut ini!

1. Produktivitas yang menurun

Tanda awal karyawan membutuhkan pelatihan SDM bisa dilihat dari produktivitasnya. Tak main-main, produktivitas yang menurun dapat memengaruhi alur kerja di kantor. Produktivitas turun bisa menyebabkan hasil kerja karyawan tidak sesuai dan memakan waktu yang lama.


Untuk itu, sebagai atasan coba perhatikan cara kerja para karyawan. Jika ada satu karyawan yang terlihat produktivitasnya menurun, sebaiknya panggil dan tanyakan apa yang membuatnya tidak produktif saat bekerja di kantor. Setelah itu, barulah rancang pelatihan SDM agar bisa membenahi produktivitas karyawan yang menurun.


2. Hasil kerja yang berada di bawah standar kualitas

Tak hanya membuat karyawan lebih lama bekerja, penurunan produktivitas juga bisa dilihat dari hasil kerja yang berada di bawah standar kualitas. Jika keadaan ini terjadi terus menerus, malah bisa menorehkan tinta hitam di wajah perusahaan.


Untuk itu, sebagai atasan, dibutuhkan kejelian dalam melihat apakah ada karyawan yang produktivitasnya menurun. Jika ada, coba awasi dulu sebelum menegurnya. Bila produktivitas karyawan menurun dalam jangka waktu lama dan berulang, maka atasan wajib melakukan pelatihan SDM.


3. Karyawan tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan sekarang

Seiring perkembangan zaman, keterampilan dalam bekerja juga harus ikut berkembang. Sebagai contoh, perusahaan yang semakin bergerak ke arah digital tentunya membutuhkan tenaga-tenaga yang terampil di bidang teknik informasi. Dari sinilah karyawan harus bisa menyesuaikan keterampilan yang dibutuhkan sekarang.


Bila karyawan pasif dan tidak mengasah keterampilannya, tentu akan berdampak pada perusahaan. Artinya, pergerakan perusahaan mengikuti tren masa kini akan semakin lambat dan tertinggal jauh dibandingkan perusahaan-perusahaan lain. Agar keterampilan karyawan bisa disesuaikan dengan perkembangan zaman, segera lakukan pelatihan SDM agar karyawan dapat menguasai keterampilan baru secara bersamaan.


4. Kesenjangan performa karyawan yang satu dengan yang lain

Kesenjangan performa karyawan terjadi ketika karyawan tidak dilatih dengan benar. Masalah ini kerap terjadi saat Anda mencampur karyawan yang memiliki segudang pengalaman dengan karyawan baru yang masih hijau. Kesenjangan performa akan terlihat dengan jelas saat karyawan lama tidak mau berbagi ilmu dengan karyawan baru.


Tak hanya membutuhkan pelatihan SDM untuk karyawan baru, karyawan lama juga harus menempuh pelatihan untuk memberitahu bagaimana cara menurunkan keterampilan mereka demi menunjang performa seluruh tim agar lebih baik lagi. Tak bisa dipungkiri, meski sudah berpengalaman, kadang masih ada karyawan yang masih belum mampu berkomunikasi dengan baik dan menurunkan ilmunya ke karyawan baru.


5. Karyawan sering menerima teguran dan komplain

Karyawan merupakan wajah perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen. Jika karyawan sering menerima teguran dan komplain dari konsumen, berarti ada yang salah dalam performa kerja mereka.


Untuk mengurangi teguran dan komplain, hal yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kinerja karyawan. Caranya mudah, tinggal melakukan pelatihan SDM untuk mengasah kemampuan mereka dalam memberi jasa pada konsumen.


Pelatihan SDM menjadi salah satu upaya agar meningkatkan performa dan kinerja karyawan. Percayalah, pelatihan SDM ini menjadi investasi masa depan perusahaan yang tak ternilai harganya.


Untuk itu, Naolearn hadir sebagai platform yang menyediakan program manajemen pembelajaran berbasis microlearning untuk perusahaan. Dengan mengandalkan Exalearn, perusahaan akan lebih mudah memberikan pelatihan SDM pada karyawannya. Exalearn dilengkapi dengan ragam fitur pendukung mulai dari Online Training dan Learning Reward yang menarik. Bersama Exalearn, mari tingkatkan kualitas SDM di perusahaan Indonesia!


0 views0 comments