Alasan Anda Harus Belajar dengan Metode Microlearning


Belajar dengan metode microlearning menjadi salah satu trent saat ini, karena sudah menjadi kebutuhan serta tuntutan kondisi.

Awalnya banyak perusahaan atau institusi pendidikan yang menerapkan pembelajaran dengan metode Microlearning ini secara terpaksa.

Namun seiring berjalannya waktu, Microlearning juga menjadi trend. Bahkan banyak orang yang beranggapan pembelajaran secara online ini jauh lebih efektif dari pembelajaran biasa.

Sehingga semakin banyak orang yang mulai beralih memanfaatkan belajar dengan metode Microlearning tersebut.

Perusahaan juga sudah banyak menerapkan pembelajaran online kepada karyawannya. Terbukti lewat metode ini, produktivitas para karyawan semakin meningkat, hal ini karena metode ini memang paling tepat untuk jaman sekarang.


Mengapa Belajar dengan Metode Microlearning


Jauh Lebih Efektif

Microlearning merupakan pembelajaran secara online atau belajar dari mana saja yang mulai banyak diterapkan di hampir setiap pekerjaan. Manfaat menerapkan sistem belajar jarak jauh ini adalah sebagai berikut.


Waktu Belajar Fleksibel

Salah satu keuntungan belajar dengan metode Microlearning adalah waktu belajarnya sangat fleksibel. Mengingat pembelajarannya secara online, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Hal ini tidak akan menggangu pekerjaan karyawan meskipun harus mendapatkan pelatihan tambahan.

Alasan lainnya mengapa metode Microlearning ini menjadi tempat terbaik untuk belajar adalah karena materi pelajarannya juga selalu update. Tentu para karyawan harus diberi materi terbaru agar sanggup menghadapi tantangan baru di dunia kerja.


Belajar dengan metode Microlearning : Biaya Jadi Lebih Hemat

Dari segi biaya juga sangat menguntungkan, karena belajar dengan metode Microlearning ini sifatnya berkelanjutan. Jadi jika dibandingkan dengan kursus atau pelatihan karyawan pada umumnya, melalui metode ini, biayanya jauh lebih hemat.


Materi Umumnya Terkait Konten Digital

Dengan metode Microlearning kebanyakan materi yang diberikan adalah materi terkait konten digital, karena saat ini dunia memang sangat bergantung dengan digital. Jika mahir dalam pemasaran digital misalnya, tentu menjadi keuntungan besar bagi perusahaan.


Mudah Berbagai Informasi

Alasan lain mengapa belajar dengan metode Microlearning adalah sifatnya yang terkoneksi dengan banyak hal, sehingga para karyawan mudah berbagi informasi.

Dalam dunia kerja, hal ini penting untuk produktivitas perusahaan. Zaman sekarang menuntut semua harus berinovasi secara cepat, sehingga hal ini dibutuhkan.


Sebagai Media Investasi

Tentu mengasah skill atau mendidik karyawan merupakan investasi yang tidak boleh diabaikan. Walaupun mengeluarkan biaya untuk saat ini, tetapi hasil pembelajaran adalah membuat skill dan produktivitas semakin meningkat.


Konsep Kelas Microlearning Lebih Beragam

Memilih belajar dengan metode Microlearning akan memberikan banyak keuntungan, salah satunya karena konsep kelas yang dihadirkan sangat beragam. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap karyawan tersebut. Jika konsep kelasnya monoton, kegiatan belajar juga tidak menarik nantinya.


Produktivitas Semakin Meningkat

Tentu alasan lain mengapa belajar dengan sistem ini sangat dibutuhkan karena dapat membuat produktivitas karyawan semakin meningkat.

Karyawan yang sudah dididik dengan standar yang dibutuhkan akan mampu melakukan seluruh tugasnya dengan lebih maksimal.


Bisa Menerapkan Pembelajaran Kolaborasi

Saat ini skill individu tidak lagi menjadi hal yang penting, melainkan dibutuhkan kolaborasi agar lebih cepat berkembang dan belajar dengan metode Microlearning memfokuskan hal tersebut, sehingga setiap karyawan bisa berkolaborasi menghadirkan ide – ide terbaik untuk perkembangan perusahaan.


Sifatnya Interaktif

Keunggulan lain dari pembelajaran Microlearning ini adalah sifatnya sangat interkatif. Jadi selama proses pembelajaran, para karyawan tidak pasif. Sehingga ikut aktif dalam pembelajaran, karena metode belajar dibuat sekreatif mungkin. Tampilan visual dibuat memikat, jadi proses pembelajaran tidak membosankan.


Meningkatkan Kerjasama Tim

Belajar dengan metode Microlearning ini juga bagus untuk melatih kerja sama tim, karena ada dihadirkan materi khusus untuk hal tersebut. Tentu kekompakan karyawan dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas. Selain kolaborasi, kemampuan bekerja sama juga diasah, sehingga hasil kerja juga lebih optimal.


Konten Bite-Sized

Keuntungan lain menerapkan sistem belajar ini adalah materi pembelajaran dan pelatihan yang disampaikan secara sedikit demi sedikit atau Bite-Sized.

Konten atau materi pelatihan per sesinya berdurasi singkat dan dapat diulang sesuai dengan kubutuhan para karyawan sehingga mudah untuk di pahami dan di ingat.


Kedepannya diprediksi bahwa gedung perkantoran akan semakin kecil, bahkan akan dihilangkan. Karena sistem kerja mulai diterapkan secara online. Oleh sebab itu, penting untuk belajar dengan metode Microlearning sekarang juga, sehingga Anda bisa dipersiapkan mulai dari sekarang.


4 views0 comments