top of page

Efisiensi Alih Daya (Outsourcing) Proses Rekrutmen

Alih daya proses atau Process Outsourcing merupakan pengerahan pihak ketiga dalam mengerjakan sebuah kegiatan operasional dalam perusahaan. Outsourcing selalu menjadi solusi bagi perusahaan untuk menekan biaya produksi, biaya operasional, serta mempersingkat waktu kerja agar perusahaan dapat lebih fokus pada pekerjaan utama perusahaan.




Lalu, apa saja proses yang dapat di alih dayakan?


Melihat perkembangan zaman serta bercermin dari perusahaan – perusahaan multinasional, Outsourcing cenderung fokus pada hal – hal seperti proses rekrutmen, payroll, serta research and development di bidang IT. Hal ini dikarenakan aktivitas utama perusahaan outsourcing adalah mencari profesional yang sesuai dengan kebutuhan kliennya sehingga lebih mudah bagi perusahaan outsourcing mengerahkan tenaga kerja profesional dan spesifik.


Itulah mengapa apabila perusahaan ingin melakukan proses – proses tersebut secara internal atau in-house akan memakan waktu yang lama serta biaya yang tidak sedikit. Proses – proses ini membutuhkan divisi tersendiri dalam perusahaan yang pada akhirnya divisi – divisi ini dapat dikatakan “melenceng” dari aktivitas utama perusahaan.


Melihat hal ini, outsourcing menjadi solusi efisiensi proses rekrutmen kebutuhan sumber daya manusia maupun teknologi bagi perusahaan.


Berikut beberapa keuntungan yang didapat apabila perusahaan memutuskan untuk melakukan outsourcing pada proses rekrutmen.


1. Efisiensi biaya

Menggunakan jasa Outsourcing pada proses rekrutmen akan memangkas biaya operasional secara signifikan, perusahaan hanya memberikan spesifikasi kandidat yang dibutuhkan. Sedangkan, apabila aktivitas ini dilakukan secara in-house perusahaan akan membutuhkan headhunter beserta teamnya, infrastruktur, dan berbagai biaya operasional lainnya.


2. Efisiensi waktu

Proses rekrutmen yang dilakukan oleh perusahaan outsourcing profesional dan terpercaya akan menghasilkan sumber daya manusia yang tepat bagi pekerjaan yang diberikan serta dalam waktu yang cepat. Selain itu, alih daya juga memiliki opsi – opsi kustom bagi kebutuhan perusahaan baik itu jangka panjang atau kebutuhan singkat seperti project based.


3. Efisiensi strategi bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan outsourcing proses rekrutmen perusahaan dapat fokus pada aktivitas utama. Dengan kecepatan serta ketepatan proses rekrutmen yang disediakan perusahaan outsourcing, perusahaan dapat membentuk strategi bisnis yang lebih fleksibel dan lebih efektif bagi keseluruhan kinerja aktivitas utama perusahaan.


Didirikan pada tahun 2004, EXA MITRA SOLUSI telah menjadi salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia dalam memberikan outsourcing proses bisnis berkualitas tinggi ke berbagai lini bisnis dan industri.


Layanan kami unggul dalam layanan rekrutmen, outsourcing pemasaran dan penjualan, outsourcing operasional, serta layanan pelanggan dan pelatihan karyawan.


Kami membantu mitra bisnis kami untuk terus tumbuh dengan meningkatkan efektivitas dan efisiensi melalui manajemen bisnis, alokasi sumber daya manusia, dan manajemen risiko.

Recent Posts

See All

Kommentare


bottom of page