Tips Mengelola Team Sales Perusahaan untuk Meningkatkan Performa dan Produktivitas


Seperti yang kita ketahui, ujung tombak sebuah perusahaan adalah Team Sales dimana, terlepas dari sektor industri perusahaan tersebut bergerak, team sales adalah salah satu divisi yang berhubungan langsung dengan customer. Jadi, secara menyeluruh perusahaan harus mengutamakan fokusnya pada 3 hal yaitu, Kualitas produk dan service yang diberikan, Standarisasi sistem dan prosedur kebijakan perusahaan, serta produktivitas team sales.


Produk atau jasa yang laku keras di pasarnya pada dasarnya adalah produk yang benar – benar dibutuhkan oleh pelanggan. Dari hal ini, dapat kita ketahui bahwa salah satu tanggung jawab team sales adalah menjual produk atau jasa perusahaan secara persuasif dengan mengangkat masalah atau kendala yang sedang dihadapi oleh calon customer.


Semakin tinggi jumlah produk atau jasa yang team sales berhasil perdagangkan, maka semakin tinggi pula peluang terjadinya repeat order. Repeat order adalah pintu utama terbentuknya kerjasama antar pelanggan dan pemasok. Setelah terbukanya pintu utama ini team sales dapat menawarkan berbagai opsi serta kustomisasi produk atau jasa perusahaan dengan harapan bahwa pelanggan akan menjadi pelanggan tetap bagi perusahaan.


Dari sisi customer menjadi pelanggan tetap suatu produk atau jasa dari perusahaan tentu ada parameter – parameter yang perlu dipertimbangkan seperti customer experience (CX), customer service, ease of access, dan sebagainya. Itulah mengapa pengelolaan team sales juga berkaitan erat dengan customer relationship management (CRM) dalam sebuah perusahaan.


Untuk itu, pengelolaan team sales yang tepat adalah cara untuk memiliki team sales yang produktif, berperforma tinggi, serta selalu memenuhi goals harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan yang ditentukan oleh perusahaan. Berikut adalah tips – tips mengelola team sales.


Teamwork

Team sales membutuhkan leadership yang mampu mengintegrasi kinerja individu para karyawan menjadi sebuah satu kesatuan yang memiliki tujuan yang sama dengan menanamkan pemahaman bahwa divisi sales merupakan sebuah divisi yang membutuhkan kerja sama satu sama lain untuk tetap memiliki tingkat produktivitas serta performa yang tinggi.


Structure

Team sales harus memiliki struktur operasi agar tidak terjadinya blunder. Struktur operasi yang baik meliputi cara – cara pengerjaan tugas, timeline yang teratur, target yang jelas, dan sebagainya.


Positivity

Sejatinya, tidak hanya team sales yang membutuhkan lingkungan kerja yang positif. Hampir seluruh komponen perusahaan membutuhkan lingkungan kerja yang positif. Team sales membutuhkan lingkungan kerja yang positif karena berhubungan secara langsung dengan customer. Jangan sampai lingkungan yang negatif mempengaruhi bagaimana karyawan berinteraksi dengan customer.


Role Model

Team sales membutuhkan role model yang patut dicontoh oleh keseluruhan karyawan. Role model sendiri bisa menggunakan karyawan terbaik, atau pemimpin tim. Salah satu cara paling efektif dalam meningkatkan performa karyawan sales adalah dengan memberikan contoh performa terbaik dari role model. Mayoritas karyawan akan mempelajari dan mengikuti metode – metode efektif dalam melakukan pekerjaan berdasarkan role model yang mereka lihat.


Point of View

Leader dari team sales harus mampu menggambarkan berbagai sisi pandang. Team sales harus memandang pekerjaan yang dilakukan dari sisi perusahaan, pelanggan, atau bahkan kompetitor. Dengan memiliki cara pandang menyeluruh, maka akan mudah bagi team sales untuk mengaitkan masalah yang dihadapi pelanggan dengan memberikan solusi berupa produk atau jasa dari perusahaan serta menganalisa kelebihan dan kekurangan produk atau jasa yang disediakan oleh kompetitor.


Dilihat dari tips – tips tersebut, di zaman yang serba digital ini, tidak ada kepastian, serta bergerak dengan cepat, para pemimpin atau pengelola team sales juga akan mengalami burnout jika harus mengerjakan hal tersebut tanpa bantuan teknologi – teknologi mutakhir. Untuk itu, Omnichannel Contact Center Software EXATECH hadir dengan tujuan memenuhi kebutuhan pengelolaan team sales.


EXATECH merupakan CRM Software yang mengintegrasi seluruh hal yang berkaitan dengan pelanggan perusahaan Anda, mendokumentasikan seluruh data pelanggan baik dari keluhan, isu, permintaan, status, dan informasi tambahan lainnya. Software ini memudahkan karyawan Anda dalam mengakses data pelanggan yang dibutuhkan, karena software ini bersifat real-time.Software ini memudahkan team sales dalam merealisasikan program – program kerja demi peningkatan produktivitas serta performa team sales.

6 views0 comments