top of page

Beberapa Tanda Bahwa Perusahaan Anda Membutuhkan Bantuain Alih Daya Berupa BPO

BPO atau Business Process Outsourcing merupakan hal sudah sangat lumrah di manfaatkan oleh perusahaan – perusahaan yang mengalami kesulitan memaksimalkan produktivitas dalam proses bisnis perusahaanya. BPO juga sangat berpengaruh terhadap efisiensi perusahaan dalam mengalokasikan sumber daya baik berupa keuangan maupun sumber daya manusia. Lalu, kira – kira kapan perusahaan membutuhkan jasa BPO dalam perusahaanya?



Seperti kita ketahui bisnis bersifat fluktuatif dan sangat fleksibel terlebih lagi memasuki era digital yang persaingannya semakin ketat baik secara kompetitif maupun regulatif. BPO cenderung hadir di saat – saat genting perusahaan membutuhkan pengembangan, atau menjaga efisiensi perusahaan ketika perusahaan mengalami kesulitan. Kenali tanda – tanda perusahaan membutuhkan BPO berikut!


1. Perkembangan bisnis pesat

Ketika bisnis berkembang pesat perusahaan juga harus mampu ekspansi dalam waktu singkat namun tetap bertanggung jawab terhadap kualitas yang produk atau jasa perusahaan berikan terhadap para pelanggannya. BPO adalah solusi yang mampu mempersingkat waktu ekspansi, serta meringankan beban kerja perusahaan secara signifikan. Selain itu, pengaturan struktur organisasi menjadi lebih ringkas dibandingkan ekpansi in-house yang memakan waktu banyak serta biaya yang besar.


2. Kewalahan serta tidak fokus pada kegiatan primer perusahaan.

Sebagai contoh, dalam perusahaan Food and Beverages kegiatan operasional utama perusahaan tentu berkaitan dengan kelangsungan proses produksi produk pangan. Lalu, ketika perusahaan melakukan manajemen marketing, keuangan, logistik, dan IT secara in-house maka tak dapat dipungkiri higher level management akan mengalami burnout. Maka BPO dalam menjadi solusi yang mengatasi beberapa proses “sekunder” tersebut.


3. Biaya operasional yang melambung tinggi.

Ketika bisnis berkembang pesat, perusahaan harus tetap mampu memenuhi permintaan pelanggan. Oleh karena itu, acap kali terjadi overtime yang meningkatkan biaya operasional, selain itu biaya – biaya lain seperti biaya rekrutmen akan meningkat seiring berkembangnya perusahaan. Hal ini dapat di hindari dengan memaksimalkan fungsi BPO, selain ringkasnya waktu mengaplikasikan BPO pada operasional perusahaan, efisiensi biaya operasional juga tetap terjaga.


4. Teknologi

Terkadang bisnis akan stagnan pada teknologi yang itu – itu saja, pada akhirnya profit bisnis pun tidak berkembang. Untuk mengsiasati kerumitan serta tingginya biaya mengaplikasikan teknologi – teknologi terkini dari sisi kompetitif bisnis, BPO dapat menjadi solusi yang mampu menyediakan teknologi terkini, serta professional yang sudah ahli pada bidangnya. Begitu pula pada sisi regulasi serta legalitas perusahaan.


Tanda – tanda tersebut dapat menjadi parameter perusahaan dalam membuat diagram keputusan untuk menggunakan jasa BPO. Selain itu, memilih partner alih daya yang tepat juga akan menentukan seberapa efektif aplikasi BPO pada perusahaan di kemudian hari.

EXA Mitra Solusi telah berdiri sejak tahun 2004 yang berpengalaman pada bidang alih daya proses bisnis, kami selalu berusaha dari waktu ke waktu memberikan pelayanan terbaik pada klien – klien kami. Terlepas dari rumitnya struktur permintaan berbagai jenis perusahaan dalam berbagai bidang, hingga saat ini kamu mampu memberikan pelayanan serta kustomisasi kebutuhan alih daya bagi klien kami.

Comentarios


bottom of page