WhatsApp Business API, Solusi mudah Meningkatkan Produktivitas Customer Service


Sumber: Statista.com (2/03/2022)


Menurut Statista.com pengguna WhatsApp di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 80.5 juta orang. Populasi Indonesia pun mencapai jumlah 273.5 juta orang pada tahun 2020 silam. TAnda nya sekitar 29.5% persen penduduk di Indonesia merupakan pengguna WhatsApp baik itu sebagai media komunikasi pribadi, maupun sebagai media komunikasi bisnis.


Saat ini, WhatsApp memang menjadi salah satu media komunikasi yang paling reliable dan user friendly dimana aplikasi WhatsApp sendiri tidak membutuhkan kekuatan komputasi yang tinggi serta memori yang besar dalam pengoperasiannya. Inilah yang menjadi alasan mengapa WhatsApp menjadi salah satu media komunikasi favorit di Indonesia.


Pada tahun 2018, banyak perusahaan yang mulai menggunakan WhatsApp Business API untuk meningkatkan kinerja Customer Service dan komunikasi profesional lainnya. Lalu apa itu WhatsApp Business API? API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface yang dimana merupakan kumpulan fungsi yang memungkinkan aplikasi mengakses data dan berinteraksi dengan komponen perangkat lunak, sistem operasi atau layanan mikro. Sederhananya, API mengirimkan respon pengguna ke dalam sistem dan sistem merespon kembali ke pengguna.


Apa saja fitur – fitur dari WhatsApp Business API?

  1. ChatBot Fitur ChatBot adalah fitur otomasi pelayanan kepada pelanggan. ChatBot dapat merespon pertanyaan – pertanyaan sederhana yang ditanyakan pelanggan, pengumpulan data pelanggan secara general, serta menghadirkan service 24 jam. Hal ini berfungsi untuk mengontrol volume pesan masuk serta pelayanan pelanggan secara instan. Dengan ChatBot, Customer Service Officer dapat melanjutkan pelayanan dengan data general yang dibutuhkan sudah tersedia sebelumnya.

  2. Tanda Centang Hijau (Verified Account) Fitur ini menghadirkan Assurance kepada pelanggan dan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Ketika menggunakan WhatsApp Business API Anda bisa memverifikasi akun Anda kemudian setelah terverifikasi, centang hijau akan muncul pada akun Anda. Centang hijau akan memberikan rasa aman serta terpercaya bagi pelanggan yang menghubungi perusahaan karena pelanggan akan mengetahui bahwa akun perusahaan adalah akun asli.

  3. Nomor Perusahaan Fitur ini memperbolehkan akun WhatsApp bisnis Anda menggunakan nomor perusahaan selain nomor seluler sehingga meningkatkan profesionalitas serta meningkatkan kepercayaan pelanggan akan akun bisnis Anda.

  4. Multiformat Media Fitur ini berfungsi untuk ChatBot atau Customer Service Officer perusahaan Anda dalam memberikan informasi produk atau jasa perusahaan Anda secara lebih detil menggunakan berbagai format data seperti foto, video, dokumen, dan berbagai format lainnya.

  5. Analisa Data Interaksi dengan Pelanggan Fitur ini mengumpulkan informasi detil terkait dengan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan seperti jumlah pesan yang dikirim, terkirim, diterima, dan terbaca. Data statistik ini berguna untuk perusahaan dalam mengevaluasi kondisi Customer Service saat ini untuk memperbaiki hal – hal yang diperlukan agar dapat memiliki Customer Service yang lebih baik lagi di kemudian hari.

  6. Integrasi dengan Software CRM WhatsApp Business API juga dapat diintegrasi dengan Software CRM perusahaan anda, dimana Software CRM yang mumpuni dapat menggunakan WhatsApp Business API untuk berbagai pekerjaan yang menyangkut dengan Customer Service atau Contact Center seperti kode – kode OTP, Nomor Resi, informasi tagihan, dan lainnya.


Pada perusahaan kecil atau perorangan WhatsApp Business API cukup mudah digunakan, walaupun fitur – fitur yang banyak pada WhatsApp Business API sering terlewat atau dilupakan karena memang belum dibutuhkan. Namun, jika volume pelanggan terus meningkat dapat dipastikan bahwa fitur – fitur pada WhatsApp Business API ini harus dimaksimalkan, terutama integrasinya dengan software CRM pada perusahaan.


Exa Mitra Solusi menyediakan solusi yang memudahkan Anda dalam menggunakan WhatsApp Business API yang terintegrasi dengan Contact Center Software EXATECH yang mampu meningkatkan produktivitas Customer Service perusahaan anda secara signifikan.

21 views0 comments