Aplikasi CRM Sebagai Inovasi Meningkatkan Produktivitas Bisnis



Tolak ukur produktivitas dalam sebuah bisnis dapat dilihat dari bagaimana seluruh komponen dan aktivitas yang terlibat dalam proses bisnis bersinergi. Tingkat produktivitas perusahaan ini juga berkaitan langsung dengan keberlangsungan perusahaan. Untuk itu, perusahaan harus memikirkan strategi – strategi terbaru untuk meningkatkan produktivitas bisnis.


Jika diruntut secara detil, maka komponen dan aktivitas bisnis yang berpengaruh terhadap produktivitas akan terlampau banyak. Namun, jika dikelompokkan menurut efektivitas dan efisiensinya, setidaknya ada 5 komponen yang dapat menjadi acuan utama dalam manajemen bisnis untuk peningkatan produktivitas.


Pertama, tingkat penjualan produk atau jasa perusahaan (sales). Penjualan dalam perusahaan menjadi salah satu aktivitas utama dalam perusahaan yang berpengaruh dengan produktivitas karena penjualan adalah sumber utama pendapatan perusahaan.


Kedua, Revenue Stream atau profitabilitas perusahaan. Seperti yang kita ketahui bahwa apabila penjualan meningkat secara signifikan, belum tentu keuntungan atau profit perusahaan juga meningkat. Bisa saja alokasi dana untuk meningkatkan penjualan malah merugi.


Ketiga, Numeric Values atau nilai kuantitatif yang tercatat dan dapat dievaluasi baik dari sisi finansial, turn-over, dan nilai – nilai kuantitatif lainnya.


Keempat, Qualitative Measurement atau nilai kualitatif seperti kinerja karyawan, kebijakan perusahaan, prosedur operasi standar perusahaan dan sebagainya.


Terakhir, Annual Achievments Percentage atau persentase perusahaan memenuhi tujuan yang ingin dicapai baik per-minggu, bulan, atau tahun.

Melalui 5 komponen dan aktivitas bisnis tersebut, perusahaan seharusnya sudah mampu mengukur tingkat produktivitas perusahaan saat ini. Langkah berikutnya adalah bagaimana perusahaan mampu meningkatkan produktivitas tanpa membebani atau mengorbankan salah satu dari 5 komponen tersebut.


Salah satu solusinya adalah dengan mengadaptasi perangkat lunak pendukung Customer Relationship Management (CRM). Software atau aplikasi Customer Relationship adalah alat pendukung ke 5 komponen dan aktivitas tersebut dengan mengintegrasi serta meningkatkan sinergi antar komponen dan aktivitas.


Software EXATECH merupakan salah satu alternatif CRM Tools bagi perusahaan yang ingin mengaplikasikan CRM pada perusahaannya.


Contact Center Software EXATECH merupakan sistem yang mengkombinasi antara proses, strategi dan kebijakannya menjadi sebuah proses bisnis yang terintegrasi, keunggulan perusahaan menggunakan Contact Center Software EXATECH antara lain adalah:


  1. Mempermudah proses komunikasi antara Pelanggan dan Perusahaan

  2. Merekam dan menyimpan data historis perusahaan yang berguna untuk riset dan pengembangan perusahaan

  3. Memastikan kualitas dan kecepatan layanan dengan satu software yang mengintegrasi seluruh platform komunikasi

  4. Pengeluaran biaya lebih rendah dan memiliki hasil yang lebih efisien

  5. Produktivitas meningkat tanpa menambah beban kerja contact center officer


Contact Center Software EXATECH juga menawarkan fleksibilitas tinggi dalam hal penyesuaian. Baik rekaman data pelanggan dan laporan manajemen dapat disesuaikan agar sesuai dengan tujuan analitis. Misalnya, suara data pelanggan dapat disimpan dan didengarkan kembali dengan tujuan evaluasi kesalahan maupun penerimaan kritik dan saran.


Kini CRM telah berkembang jauh dari awalnya sebagai alat back-office yang mengelola data kontak dan data customer menjadi sebuah sistem manajemen perusahaan demi untuk tetap terhubung dengan customer. Bantuan dari Artificial Intelligence (AI) dan layanan seperti Chat Bot dan Voice Bot juga membantu menjadikan proses bisnis yang bersinergi, dengan tujuan meningkatkan produktivitas perusahaan.

8 views0 comments