Pengaruh WhatsApp Business API Terhadap Sales dan Revenue Bagi Perusahan

Memasuki tengah tahun 2022 ini, perusahaan serta bisnis seharusnya sudah dapat mengoptimalkan fungsi platform social seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, dan berbagai platform lainnya untuk berbisnis secara cepat dan fleksibel.



Melihat hal ini, jika diurutkan dari mayoritas penggunanya maka WhatsApp adalah platform yang paling banyak penggunanya di Indonesia. Di lansir dari , katadata.com pengguna WhatApp di Indonesia mencapai 84.8 Juta (Juni, 2021).


Maka dari itu, memanfaatkan fungsi fitur – fitur dari WhatsApp seperti upgrade fitur ke WhatsApp Business atau WhatsApp API adalah salah satu strategi efektif untuk pengembangan bisnis.


Upgrade fitur dari WhatsApp personal menjadi WhatsApp Bisnis API ini telah hadir sejak tahun 2018. WhatsApp Business API sendiri berfungsi bagi bisnis atau perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan pelayanan konsumen melalui platform WhatsApp. Pelayanan konsumen yang dapat disediakan WhatsApp pun beragam jenisnya.


Berikut fitur – fitur unggulan WhatsApp Business API :

1. Chat Bot (Auto – Reply)

Fitur ini memberikan otomasi pembalasan pesan atau interaksi lainnya dengan bantuan Chat Bot, Fitur ini dilengkapi dengan berbagai kustomisasi dari otomasi pelayanan pelanggan yang membantu perusahaan tersedia 24 jam untuk pelanggan. Chat Bot ini cenderung digunakan untuk FAQ (Frequently Asked Question) atau otomasi pembagian lini pelayanan. Contohnya perusahaan kendaraan bermotor dapat membagi lini pelayanan menjadi Booking Service (reservasi waktu untuk servis kendaraan), atau Sales (Informasi pembelian kendaraan), dan berbagai lini pelayanan lainnya.


2. Centang Hijau (Verified Account)

Dengan memiliki akun bisnis yang terverifikasi oleh WhatsApp, kredibilitas perusahaan meningkat. Pelanggan akan merasa aman dan percaya untuk berinteraksi dengan perusahaan walau hanya melalui WhatsApp.


3. Nomor Telepon Perusahaan

Ini juga menjadi salah satu fitur unggulan dari WhatsApp Business API. Penggunaan nomor telepon perusahaan dalam WhatsApp Business API memungkinkan admin pengguna WhatsApp lebih dari 1 orang. Artinya, baik tim sales perusahaan maupun tim customer service dapat menggunakan WhatsApp yang sama untuk berinteraksi dengan pelanggan secara bersamaan.


4. Fleksibilitas Media

Sama seperti WhatsApp personal, WhatsApp Business API dapat membagikan media dengan multiformat seperti foto, video, dan dokumen yang memudahkan perusahaan memberikan informasi kepada pelanggan.


5. WhatsApp Blast/Marketing Campaign

Dengan WhatsApp Business API perusahaan dapat membentuk strategi marketing campaign melalui blast pesan ke calon pelanggan atau pelanggan tetap dengan memberikan informasi – informasi produk, diskon, dan sebagainya. Perusahaan pun dapat mencantumkan berbagai link seperti informasi lebih lanjut ke website perusahaan, atau link survey kepuasan pelanggan melalui blast ini.


6. Integrasi dengan software CRM perusahaan

WhatsApp Business API kini telah dilengkapi dengan integrasi ke software customer management relationship perusahaan. Artinya, jika software CRM perusahaan dapat mengintegrasi WhatsApp Business API didalamnya, penggunaan software semakin sedikit dan memudahkan tim – tim dalam perusahaan dalam mengakses platform WhatsApp.





Kami, menghadirkan Contact Center Software EXATECH yang dapat mengintegrasi WhatsApp Business API dalam software CRM perusahaan. EXATECH sendiri merupakan Omnichannel Contact Center Software yang tidak hanya berlaku bagi WhatsApp Business API, melainkan seluruh platform komunikasi lain seperti sistem teleponi, Facebook, Instagram, Twitter, dan Telegram dapat terintegrasi didalam EXATECH.

4 views0 comments