top of page

Pengertian Customer Relationship Management dalam Perusahaan

Seperti kiasan “pelanggan adalah raja” itulah yang memberikan prisip dasar dari Customer Relationship Management, tandanya perusahaan harus mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan tetap terus mampu memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan dalam kebutuhannya menggunakan produk maupun jasa perusahaan.


CRM sendiri dapat dikategorikan sebagai strategi bisnis yang dapat diterapkan oleh perusahaan demi mengutamakan kepuasan para pelanggannya. CRM sendiri kini telah berkembang pesat menjadi interaksi antara manusia dengan teknologi yang tersedia dari menghasilkan leads, konversi leads menjadi pelanggan, mempertahankan pelanggan setia (loyalitas pelanggan), hingga keseluruhan kepuasan pengalaman pelanggan berinteraksi maupun berbisnis dengan perusahaan Anda.


Parameter CRM yang baik pun memiliki beberapa jenis metode pengukuran salah satunya adalah Key Performance Indicator atau KPI yang terdiri dari berbagai topik didalamnya berkaitan dengan seluruh aspek dari CRM itu sendiri. CRM yang baik sendiri bertujuan untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaan agar tetap dapat bersaing dengan perusahaan kompetitor.


Lalu apa manfaat CRM?


Dengan mindset berpusat pada kepuasan pelanggan, perusahaan sendiri dapat menyesuaikan perilaku serta tindakan – tindakan demi memuaskan pelanggannya, tidak hanya dari sisi komunikasi, CRM dapat meluas hingga ke kegiatan operasional, organisasional, serta finansial. Berikut beberapa manfaat CRM bagi perusahaan:


1. Loyalitas pelanggan

Tentunya perusahaan ingin mempertahankan pelanggan agar tetap menggunakan produk atau jasa yang perusahaan berikan, dengan CRM yang tepat perusahaan mampu mempertahankan pelanggan serta mengkonversi calon pelanggan agar menjadi pelanggan yang loyal pada produk atau jasa yang disediakan perusahaan.


2. Efisiensi Biaya

Melalui CRM yang baik, proses pengaturan biaya yang berpusat pada kepentingan pelanggan akan meningkatkan efisiensi alokasi biaya serta mampu meningkatkan keuntungan tanpa membebani biaya terlalu besar bagi pelanggan.


3. Efisiensi Desain Operasional

Sistem operasional perusahaan akan lebih efisien, aliran dana dalam perusahaan serta pengambilan keputusan akan berpusat pada kepuasan pelanggan. Contohnya interaksi pelanggan menggunakan software CRM dimana didalamnya terdapat omnichannel contact center yang mengurangi hambatan proses – proses administratif maupun proses – proses yang memakan waktu banyak lainnya.


4. Fleksibilitas Bisnis

Dengan bantuan software CRM maka perusahaan dapat mengikuti tren pasar berdasarkan bantuan data – data historis maupun data – data prediktif yang cenderung membantu perusahaan menjadi lebih fleksibel serta meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam melakukan branding.


5. Meningkatnya Income Perusahaan

Setelah terbentuknya CRM perusahaan yang baik, akibat dari tingginya angka loyalitas pelanggan serta angka konversi leads menjadi pelanggan tetap, Income perusahaan pun perlahan akan meningkat terlebih lagi jika perusahaan telah mampu membentuk brand love tersendiri. Contohnya perusahaan Apple, Google, Nike, dan perusahaan lainnya yang berpusat pada kecintaan pelanggan terhadap brand yang disuguhkan.



Seperti namanya, EXATECH berfokus pada contact center perusahaan dimana antara lain berupa customer service, telemarketing, telesurvey, televerification dan telecollection. Fitur – fitur pada EXATECH sangat lengkap dan mumpuni untuk menjadi platform CRM perusahaan. Mulai dari Omnichannel integration, WhatsApp Business API, Sumber daya manusianya, hingga ketersediaan infrastruktur berupa tempat dan hardwarenya.

Contact Center Software EXATECH merupakan sistem yang mengkombinasi antara proses, strategi dan kebijakannya menjadi sebuah proses bisnis yang terintegrasi, keunggulan perusahaan menggunakan Contact Center Software EXATECH antara lain adalah:

  1. Mempermudah proses komunikasi antara Pelanggan dan Perusahaan

  2. Merekam dan menyimpan data historis perusahaan yang berguna untuk riset dan pengembangan perusahaan

  3. Memastikan kualitas dan kecepatan layanan dengan satu software yang mengintegrasi seluruh platform komunikasi

  4. Pengeluaran biaya lebih rendah dan memiliki hasil yang lebih efisien

  5. Produktivitas meningkat tanpa menambah beban kerja contact center officer

Contact Center Software EXATECH juga menawarkan fleksibilitas tinggi dalam hal penyesuaian. Baik rekaman data pelanggan dan laporan manajemen dapat disesuaikan agar sesuai dengan tujuan analitis. Misalnya, suara data pelanggan dapat disimpan dan didengarkan kembali dengan tujuan evaluasi kesalahan maupun penerimaan kritik dan saran.

bottom of page