Pengertian Customer Relationship Management dalam Perusahaan

Seperti kiasan “pelanggan adalah raja” itulah yang memberikan prisip dasar dari Customer Relationship Management, tandanya perusahaan harus mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan tetap terus mampu memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan dalam kebutuhannya menggunakan produk maupun jasa perusahaan.


CRM sendiri dapat dikategorikan sebagai strategi bisnis yang dapat diterapkan oleh perusahaan demi mengutamakan kepuasan para pelanggannya. CRM sendiri kini telah berkembang pesat menjadi interaksi antara manusia dengan teknologi yang tersedia dari menghasilkan leads, konversi leads menjadi pelanggan, mempertahankan pelanggan setia (loyalitas pelanggan), hingga keseluruhan kepuasan pengalaman pelanggan berinteraksi maupun berbisnis dengan perusahaan Anda.


Parameter CRM yang baik pun memiliki beberapa jenis metode pengukuran salah satunya adalah Key Performance Indicator atau KPI yang terdiri dari berbagai topik didalamnya berkaitan dengan seluruh aspek dari CRM itu sendiri. CRM yang baik sendiri bertujuan untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaan agar tetap dapat bersaing dengan perusahaan kompetitor.


Lalu apa manfaat CRM?


Dengan mindset berpusat pada kepuasan pelanggan, perusahaan sendiri dapat menyesuaikan perilaku serta tindakan – tindakan demi memuaskan pelanggannya, tidak hanya dari sisi komunikasi, CRM dapat meluas hingga ke kegiatan operasional, organisasional, serta finansial. Berikut beberapa manfaat CRM bagi perusahaan: