Relevansi Contact Center Terhadap Evolusi Bisnis

Menjelang akhir tahun 2022 ini, banyak sekali bisnis yang mulai berevolusi menjadi bisnis yang berbasis teknologi. Terlebih lagi, sektor industri bisnis yang mulai berevolusi pun dapat dikatakan sangat luas dan merata, baik dari industri Food and Beverage hingga penyedia perangkat lunak atau SAAS.




Lalu masih mampukah contact center menjadi andalan perusahaan dalam mengatasi interaksi langsung dengan pelanggan melalui panggilan telepon atau platform komunikasi lainnya seperti media sosial serta WhatsApp?


Sebelum pertanyaan tersebut dapat terjawab, perlu diketahui tugas – tugas dari contact center sebuah perusahaan agar dapat dijabarkan poin – poin penting relevansi contact center terhadap evolusi bisnis

Tugas utama Contact Center


1. Customer Service

Customer Service adalah pintu pertama komunikasi antar pelanggan dan perusahaan. Agen CS sejatinya menerima banyak panggilan mengenai produk, informasi produk, pembelian produk, harga, keluhan dan berbagai hal lainnya. Secara umum, Customer Service bertugas untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan awal dari pelanggan yang kemudian dapat ditindak lanjuti secara teknis.


2. Telecollection

Telecollection adalah salah satu metode penagihan melalui media telepon. Telecollection umum dilakukan oleh contact center Perusahaan yang bergerak di bidang perkreditan.


3. Televerification

Metode verifikasi dengan panggilan telepon keluar perusahaan. Berfungsi untuk mengkonfirmasi bahwa data kontak customer akurat. Data kontak yang akurat diperlukan karena adanya perubahan data kontak seperti alamat, tempat kerja, nomor kontak, email, dan lain sebagainya.


4. Telesurvey

Digunakan Perusahaan melakukan survey kepuasan pelanggan atau meminta kritik dan saran melalui panggilan telepon ke Pelanggan.


5. Penjualan / Telemarketing

Telemarketing adalah pemasaran barang atau jasa kepada Pelanggan melalui panggilan telepon. Dengan telemarketing, Perusahaan dapat meningkatkan peluang kerjasama melalui informasi lengkap yang diberikan Telemarketer terhadap Pelanggan. Dengan cara ini Perusahaan dapat menghubungi Pelanggan yang telah diprediksi membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh Perusahaan yang di kemudian hari dapat berkembang menjadi bentuk - bentuk kerja sama antara kedua belah pihak.


Singkatnya, contact center masih menjadi andalan perusahaan dalam berinteraksi dengan pelanggan secara langsung namun, departemen contact center dalam perusahaan juga membutuhkan pembaharuan teknologi untuk dapat selalu mengantisipasi ekspektasi pelanggan yang mungkin sudah menggunakan platform – platform digital untuk membeli produk atau jasa, atau menjalankan bisnisnya.



Seperti namanya, EXATECH berfokus pada contact center perusahaan dimana antara lain berupa customer service, telemarketing, telesurvey, televerification dan telecollection. Fitur – fitur pada EXATECH sangat lengkap dan mumpuni untuk menjadi platform CRM perusahaan. Mulai dari Omnichannel integration, WhatsApp Business API, Sumber daya manusianya, hingga ketersediaan infrastruktur berupa tempat dan hardwarenya.


Contact Center Software EXATECH merupakan sistem yang mengkombinasi antara proses, strategi dan kebijakannya menjadi sebuah proses bisnis yang terintegrasi, keunggulan perusahaan menggunakan Contact Center Software EXATECH antara lain adalah:


  1. Mempermudah proses komunikasi antara Pelanggan dan Perusahaan

  2. Merekam dan menyimpan data historis perusahaan yang berguna untuk riset dan pengembangan perusahaan

  3. Memastikan kualitas dan kecepatan layanan dengan satu software yang mengintegrasi seluruh platform komunikasi

  4. Pengeluaran biaya lebih rendah dan memiliki hasil yang lebih efisien

  5. Produktivitas meningkat tanpa menambah beban kerja contact center officer


Contact Center Software EXATECH juga menawarkan fleksibilitas tinggi dalam hal penyesuaian. Baik rekaman data pelanggan dan laporan manajemen dapat disesuaikan agar sesuai dengan tujuan analitis. Misalnya, suara data pelanggan dapat disimpan dan didengarkan kembali dengan tujuan evaluasi kesalahan maupun penerimaan kritik dan saran.

6 views0 comments