WhatsApp Business API dan 5 Fungsi Utamanya bagi Bisnis

Tidak dapat dipungkiri WhatsApp sudah menjadi media atau platform komunikasi paling efisien saat ini. Sekarang, WhatsApp tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi biasa. WhatsApp kini merambah menjadi salah satu platform komunikasi bisnis yang menjadi pondasi berbagai sektor industri. Ingatkah Anda oktober 2021 silam WhatsApp mengalami down hampir diseluruh dunia?


Kejadian ini diliput hampir seluruh media, bahkan dailymail.co.uk mengatakan bahwa aktivitas komunikasi yang terhenti sekitar 4 jam tersebut menimbulkan berbagai reaksi dari para penggunanya. Namun, kini WhatsApp masih menjadi salah satu platform yang dapat diandalkan untuk komunikasi.


Lalu, mengapa ketika WhatsApp down banyak pengguna yang merasa dirugikan? Jika seorang pengguna WhatsApp reguler mungkin masih bisa menggunakan platform lain untuk berkomunikasi sosial seperti ke teman, saudara, grup atau komunitas. Sedangkan, yang menjadi pusat reaksi para pengguna di kejadian outage silam adalah disfungsi beberapa fitur WhatsApp Business API yang berkaitan erat dengan aktivitas day – to – day para penggunanya.


Memangnya apa saja sih fungsi WhatsApp Business API hingga menimbulkan reaksi tersebut?


  1. WhatsApp Business API menjadi pusat interaksi antara customer dan perusahaan. Customer dan klien merupakan aset utama perusahaan yang harus di layani kebutuhannya secara real-time. WhatsApp API memudahkan perusahaan mengerahkan beberapa admin secara bersamaan dalam berinteraksi dengan customer.

  2. WhatsApp Business API memberikan kepercayaan pada customer terhadap bisnis yang valid dan profesional. Bisnis yang dinilai profesional oleh customer akan meningkatkan tingkat retensi pelanggan perusahaan tersebut. WhatsApp Business API mampu meningkatkan profesionalitas sebuah bisnis yang pada akhirnya meningkatkan performa perusahaan secara menyeluruh dengan centang hijau atau verified account.

  3. WhatsApp Business API mampu mengorganisir pesan dari klien. Walau strategi bisnis berbeda – beda dalam merespon pesan dari pelanggan seperti first come first serve atau priority base WhatsApp Business API dapat di integrasi dengan sistem CRM perusahaan yang kemudian dapat diteruskan menjadi ticketing system.

  4. WhatsApp Business API bersifat Real-time dan Reliable. Perusahaan menjadi mampu melakukan fast response dengan berbagai fitur yang disediakan seperti ChatBot yang mampu merespon pesan pelanggan serta merekam jawaban pelanggan.

  5. WhatsApp Business API memiliki fitur analisa berdasarkan keseluruhan data interaksi antara perusahaan dan customer. Analisa data ini dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan serta menjadi dasar perencanaan strategi perusahaan di kemudian hari.

Tak heran apabila WhatsApp mengalami down akan berpengaruh secara signifikan terhadap para penggunannya yang merupakan pelaku bisnis di era digital ini. Sejak kejadian tersebut WhatsApp yang kini berada dibawah naungan Meta (Facebook) selalu memperbaiki kualitas pelayanan yang diberikan dan masih menjadi salah satu platform yang dapat diandalkan.


6 views0 comments